Minggu, 22 Oktober 2017

Dasar Teori Graf


yoo, what's app guys? sudah lama nih ane gak posting... lanjut aja yaa gak usah banyak basa-basi yuk kebawah...:) 

Kali ini ane akan menjelaskan tentang dasar dari teori graf. First, sebenarnya apasih teori graf itu? Teori graf atau teori grafik dalam matematika dan ilmu komputer adalah cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat "graf" atau "grafik". Ini sebenarnya tidak sama dengan "Grafika". Secara tidak langsung, suatu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut "simpul" yang terhubung oleh "sisi" atau "busur". masih bingung yaa? sebenarnya sih sama hehe... makanya kita belajar bareng-bareng :D

Teori graf mulai dikenal saat matematikawan berkebangsawaan swiss bernama Leonhard Euler berhasil memecahkan misteri jembatan merah... (krik.. krik.. krik.. -_-) eh maksud ane jembatan Konigsberg di prussia hehe.. sedikit candaan lah wkwk :D. Oke, bagi kalian yang ingin mengetahuin misteri Jembatan Konigsberg bisa cek di link ini... di situ juga ada penjelasan tentang teori graff lengkap dengan perhitungannya, dan bagi kalian yang mager buka tab baru, ya sudah ane jelasin dengan singkat di sini. So, pada waktu itu di prussia terdapat sebuah kota bernama Konigsberg dan sekarang bernama Kaliningrat (kek nama daerah jawa ya btw :v... ). Nah, di kota tersebut sebagian wilayahnya di pisahkan oleh sungai bernama sungai pregel, jadi kalo masyarakat di bagian kota tersebut ingin jalan-jalan santai ke kota sebelah harus memakai jembatan yang jumlahnya ada tujuh. Gambaran kota Konigsberg yang sekarang bernama kaliningrat seperti ini nih guys..

Nah, permasalahannya disini. Jadi masyarakat ini sudah bertahun-tahun menggunakan jasa jembatan tersebut, timbul-lah pertanyaan yang ane juga kurang paham kok bisa gitu mikir ke situ.. yaitu "Apakah bisa melalui semua jembatan hanya dengan satu kali jalan?" nice question i think :').. Nah pas saat itu ada seorang matematikawan asal Swiss,namanya Leonhard Euler, berhasil memecahkan teka-teki ini dengan menggunakan teori graf. 
oke sipp lanjut ke teori.

Definisi Graf
Secara garis besar graf didefinisikan sebagai bagan yang memuat informasi yang diinterprestasikan secara tepat atau lebih gampangnya pendapat atau pandangan teoretis terhadap sesuatu secara true. Graf digunakan untuk menjelaskan objek-objek diskrit dan hubungan dari objek-objek tersebut. Tujuan dari Graf adalah untuk visualisasi agar mudah dimengerti. Kurang lebihnya Graf sama dengan algoritma jadi kita dapat mengerti alurnya guys.

Jenis Graf
Graf dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori (jenis) bergantung pada sudut pandang pengelompokannya. Pengelompokan graf dapat dipandang berdasarkan : 
- Berdasarkan ada tidaknya gelang atau sisi ganda pada suatu graf
- Berdasarkan jumlah simpul pada suatu graf
- Berdasarkan orientasi arah pada sisi

Dari sini ane angkat tangan soalnya perhitungannya gak jauh beda dengan Matematika Sistem Informasi, ane hanya menjelaskan teorinya jadi sorry nih.. ane kurang paham kalo urusan mtk :'). Maybe, next time ane jelasin soal perhitungannya... Sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar